Khutbah Jumat 7 Sunnah Harian Rasulullah SAW

Khutbah 1
Assalamualaikum Wr Wb

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه
 اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن
يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Jama’ah jumuah rohimakumullah,

Puji syukur dengan mengucapkan Allhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yg telah memberikan kepada kita berbagai macam dan begitu banyak kenikmatan kepada kita semua. Terutamanya adalah nikmat iman, yang dengannya allah ringankan dan allah mudahkan langkah kaki kita untuk bersegera melaksanakan kewajiban sholat jumat di masjid yang mulia ini, masjid baitul haq. Dan nikmat berupa berfungsi organ-organ tubuh kita secara normal tanpa suatu halangan apapun. Karena apabila dicabut sedikit saja nikmat tersebut dari diri kita maka akan merasakan sakit yang luar biasa.

Sholawat dan salam bagi nabi mulia akhir zaman, nabi Muhammad, dengan mengucapkan allhumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ali Muhammad. Nabi terakhir yang membawa risalah islam sehingga dengannya kita mendapatkan petunjuk untuk berjalan diatas jalan yang Haq. Dan mudah-mudahan di hari kiamat nanti kita diakui sebagai pengikut setia beliau dan berkumpul di surga bersama beliau. Aamiin allhuma aamiin…

Jama’ah jumuah rohimakumullah,

Pada bulan ini merupakan bulan yang menggembirakan bagi seluruh ummat Islam di seluruh dunia. Karena pada bulan ini dan tepatnya 1493 tahun yang lalu, lahir seorang manusia yang mempunyai akhlak dan budi pekerti yang luhur ke dunia ini yakni Nabi Muhammad SAW. Nabi akhir zaman, pemimpin seluruh nabi-nabi dan rasul, nabi yang namanya bersanding langsung dengan Kholiqul alam Allah SWT. Merupakan suatu anugerah dan kenikmatan tersendiri bagi kita karena termasuk bagian dari ummat nabi Muhammad SAW.

Banyak saudara-saudara kita yang secara seremonial merayakan dan bergembira atas peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dengan mengucapkan sholawat di masjid-masjid dan di rumah-rumah untuk memperingati dan mengagungkan nama beliau.

Tentu sebagai ummat islam kita wajib bergembira dan bersyukur atas kelahiran beliau 1493 tahun yang lalu. Akan tetapi cinta kepada beliau tidak cukup hanya dengan kata-kata dan ucapan semata. Tetapi secara esensial bukti cinta dan setia kita kepada pemimpin kita yakni dengan mengikuti seluruh ajaran-ajaran yang beliau sampaikan dengan sepenuh hati. Mengikuti dan mengamalkan apa-apa yang beliau perintahkan. Itulah bukti cinta sejati. Cinta sejati itu ibaratnya tidak hanya manis dibibir kemudian dibelakang mengkianati atau ingkar. Akan tetapi cinta sejati itu walaupun kita sudah lama ditinggalkan oleh Nabi Muhammad SAW tetapi kita tetap berpegang teguh atas ajaran-ajarannya.

Jama’ah jumuah rohimakumullah,

Pada kesempatan kali ini khotib ingin memberikan peringatan dan nasehat untuk diri khotib sendiri khususnya, dan kepada jamaah sholat jumat pada umumnya. Ada beberapa amalan ringan serta sunnah yang Rasulullah setiap hari lakukan, dan sudah sepatutnya untuk kita jadikan amalan harian.

1.    Sholat Tahajud
Salah satu nasehat malaikat jibril kepada nabi Muhammad yakni  Inna syarofal mukmin fi qiyami lailihi “Sesungguhnya kemuliaan seorang mukmin terletak pada bangun malamnya”.

Semakin istiqomah seorang muslim dalam melakukan sholat tahajud tentu semakin mulia orang tersebut di sisi Allah. Karena nabi-nabi dan rosul itu membangun hubungan emosional dan spiritual dengan Allah di sepertiga malam terakhir. Sungguh beruntung orang muslim yang bisa berdua-duaan setiap malam dengan kekasihnya yaitu Allah SWT. Dan tentunya ketika kekasihnya itu sudah menjadi tujuan utama, maka dunia dan seisinya menjadi kecil dan tidak bernilai. Karena yang difokuskan hanya untuk kekasihnya Allah SWT.

Hadist Qudsi dari Ibnu Arabi : “Ketika Allah turun ke langit dunia pada 1/3 malam, Allah SWT bersabda: “Sungguh berdusta orang yang menyatakan mencintaiKu, sementara ia tidur lelap dan lalai kepadaKu. Bukankah setiap kekasih ingin berkhalawat dengan kekasihnya? Akulah yang mendatangi kekasihKu dikelopak mata mereka. Mereka berbicara denganKu dalam musyahadah, dan bercakap-cakap denganKu dengan khusyuk. Di hari kemudian, Aku tetapkan mereka pada surga-surgaKu.”
Begitupula sabda Rasulullah SAW yang artinya :
“Shalat yang paling Utama setelah shalat 5 waktu adalah Qiyamul Lail” (HR Muslim).

Lantas apa saja kemuliaan dari sholat malam?? Didalam surat al Isro ayat 79 dijelaskan:
”Wa minal laili fatahajjad bihi naafilatan laka `asaa an yab`atsaka rabbuka maqaaman mahmuudan” (QS : Al-Isro’ : 79)

 “Dan dari sebagian malam hendaklah engkau bangun (tahajud), sebagai amalan tambahan untukmu. Semoga Tuhanmu mengangkat (derajatmu) ke tempat yg terpuji.” 

5  kemuliaan di Dunia :
a.    Allah akan memelihara dari segala bencana.
b.    Wajahnya akan tampak bersinar sebagai tanda ketaatan.
c.    akan di cintai manusia(hamba Allah).
d.    Lidahnya memiliki kemampuan mengucapkan kata yang mengandung hikmah.
e.    akan diberi kelebihan menjadi orang yang bijaksana yaitu diberikan pemahaman tentang ilmu agama.

4  Kemuliaan di Akhirat
a.    Wajahnya akan tampak berseri saat bangkit dari alam kubur.
b.    Akan memperoleh keringanan waktu di hisab.
c.    Saat menyebrang Shirotolmustaqim dapat melakukannya dengan cepat seperti kilat.
d.    Semua catatan amal perbuatannya di dunia akan diberikan ditangan kanannya.

2.    Membaca Al Qur’an sebelum matahari terbit
Alquran adalah kitabullah, yang merupakan petunjuk keselamatan dan kebaikan bagi umat Islam dalam mengarungi kehidupan dunia. Sebuah perilaku yang sangat layak apabila setiap bangun tidur sebelum melakukan kesibukan pada hari itu, sempatkanlah untuk membaca Alquran dan memahami serta mentadaburinya, sebagai langkah awal memulai hari.

Sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya :
Al Qur’an adalah kitabullah yang berisi sejarah umat sebelum kamu, berita umat sesudahmu, kitab yang memutuskan urusan-urusan diantara kamu, yang nilainya bersifat pasti dan absolut. Siapa saja orang durhaka yg meninggalkannya pasti Allah akan memusuhinya. Siapa yg mencari petunjuk selain Al Qur’an, pasti akan tersesat. Al Qur’an adalah tali Allah yg sangat kuat, peringatan yg bijaksana dan jalan yang lurus (HR Tirmidzi).

Bahkan Nabi menyindir umatnya yang jarang menyentuh dan membaca Alquran dalam hadist yang artinya :
”Sungguh, orang yang dalam hatinya tidak terdapat sesuatu pun dari Al Quran, bagaikan rumah setan yang menyeramkan.” (HR Tirmidzi).

3.    Sholat Berjamaah di masjid
Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:
“Siapa yang mendengar panggilan adzan, sedangkan tiada udzur yang menghalanginya untuk memenuhi panggilan tersebut, maka tidak diterima shalat yang dikerjakan. Sahabat bertanya, Apa itu Udzur?, Beliau menjawab : Takut bahaya atau sakit.” (Shahih Sunah Abu Dawud)

Dari Ibn Ummi Maktum, ia pernah bertanya pada Nabi SAW,
“Wahai Rasulullah ! Saya seorang laki-laki buta, rumah jauh (dari masjid) , dan tak ada penuntun yang bisa menuntun saya ke mesjid. Apakah ada keringanan buat saya untuk melakukan shalat dirumah ?”. Beliau bersabda, “Apa kamu mendengar seruan adzan? Jawabnya Iya, lalu Nabi SAW bersabda : Kalau begitu datangilah ! (panggilan shalat itu).” (H.R. Muslim).

4.    Sholat Dhuha
Shalat Dhuha memiliki banyak keutamaan bagi yang rutin mengamalkannya. Salah satu keutamaan itu adalah dapat melancarkan terbukanya pintu-pintu rezeki.

Dari Abu Dzar, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya :
“Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at.” (HR. Muslim no. 720).

Begitupula Hadist Qudsi berikut ini tentang rezeki yang dicukupkan melalui shalat Dhuha yang artinya :
“Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad (5/286), Abu Daud no. 1289, At Tirmidzi no. 475, Ad Darimi no. 1451 . Syaikh Al Albani dan Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Masya Allah, sungguh luar biasa keutamaan shalat sunnah Dhuha ini.  Sangat disayangkan bagi kita umat islam jika tidak rutin menjalankan ibadah shalat sunnah yang satu ini. Oleh karena itu mulai sekarang jangan ragu-ragu dan malas lagi untuk menunaikan sholat sunnah Dhuha. Insya Allah keberkahan dan kelancaran rezeki akan menghampiri kehidupan kita. Aamiin.

أقول قولى هذا و أستغفر الله العظيم  فاستغفروه انه هو الغفور الرحيم

Khutbah 2

ألحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا و الدين
أشهد أن لا اله الا الله وحده لاشريك له وأشهد أن محمدا عبدهورسوله لانبي بعده
أللهم صل وسلم على نبينا محمد وعلى أله و أصحابه ومن والاه ومن تبعهم باءحسان الى يوم الدين
أما بعد فيا عباد الله أوصى بنفس و اياكم بتقوى الله حق تقاته لعلكم تفلحون


5.    Sedekah Setiap Hari
Alhamdulillah di masjid baitul haq ini sudah mendapatkan kebiasaan baik dengan program kencleng sedekah harian minimal seribu. Mudah-mudahan melalui program itu bisa menstimulus kita untuk semakin meningkatkan nilai sedekah kita.

Dan bagi yang tidak mempunyai harta yang berlebih, sebagaimana yang sudah khotib sebutkan dalam hadits sebelumnya bahwa setiap kebaikan merupakan sedekah. Berdzikir itu sedekah, amar ma’ruf nahi munkar sedekah, bahkan salam dan senyum juga sedekah. Sungguh Islam itu mudah jika kita betul-betul tulus menjalankan syariat-syariatnya.

6.    Menjaga Wudlu
Sunnah nabi berikutnya yang sangat sederhana yaitu senantiasa menjaga wudhu. Berwudhu memiliki keutamaan yang sangat mulia. Allah SWT sangat menyayangi hamba-Nya yang senantiasa menjaga wudhunya. Salah seorang Khulafaur Rasyidin, sekaligus menantu Nabi Muhammad SAW, yaitu Khalifah Ali bin Abi Thalib pernah berkata,
“Orang yang senantiasa berwudhu akan selalu merasa sedang shalat walaupun ia tidak sedang melakukan shalat, dan ia dijaga oleh malaikat dengan dua doa, “ampuni dosanya dan sayangi dia Ya Allah”.

7.    Menjaga Istigfar setiap saat
Keutamaan istighfar dijelaskan Rasulullah sebagaimana disampaikan oleh Abdullah bin Abbas r.a :
“Rasulullah bersabda : “Barang siapa yang senantiasa beristighfar niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menimpanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya dan Allah memberi rizki dari  arah yang tidak ia sangka-sangka.” (HR Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad). 


Doa

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ مَا عَلِمْنَا مِنْهُ وَمَا لَمْ نَعْلَمْ. اَللَّهُمَ أَصْلِحْ أَحْوَالَ الْمُسْلِمِيْنَ وَأَرْخِصْ أَسْعَارَهُمْ وَآمِنْهُمْ فِيْ أَوْطَانِهِمْ. اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا دِيْنَنَا الَّذِيْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِنَا، وَأَصْلِحْ لَنَا دُنْيَانَا الَّتِيْ فِيْهَا مَعَاشُنَا، وَأَصْلِحْ لَنَا آخِرَتَنَا الَّتِيْ إِلَيْهَا مَعَادُنَا، وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لَنَا فِيْ كُلِّ خَيْرٍ، وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لَنَا مِنْ كُلِّ شَرٍّ. رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِاْلإِيْمَانِ وَلاَتَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِّلَّذِيْنَ ءَامَنُوْا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ. اَللَّهُمَّ افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْن وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
2 Komentar untuk "Khutbah Jumat 7 Sunnah Harian Rasulullah SAW"

JOIN NOW !!!
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.cc

Sangat membantu untuk saya, Semoga contoh materi khutbah jumat nya menjadi amal sholeh buat penulis dan semua yang membantu menyebarkan.

Back To Top