Menguak Rahasia Kesuksesan Orang-orang China

Malem ini terjadi sedikit obrolan menarik setelah aku jamaah isya di masjid depan rumah. Sebenernya pengen langsung pulang ke rumah, apalagi
belum makan malam. Waktu sholat isyapun rasanya perut keroncongan, tapi ketika kaki keluar dari masjid mau ngambil sandal. Hati ingin nyicipin jajanan yang dibawa oleh satu jama’ah namanya sarang madu. Sebuah makanan khas enak dan manis dari daerah jepara.
Setelah nyicipi makanan khas itu, dalam hati sungkan untuk langsung pulang. Tanpa bercakap-cakap sejenak dengan para tetangga dan jama’ah lainnya. Masa SMP (Sudah Makan Pulang), kan gk lucu juga. Ya sudah, berdiam sejenak, sambil ngobrol-ngobrol berbagi cerita dan pengalaman dengan bapak-bapak. Toh juga bakalan jadi calon bapakkan. Hehehe
Seperti biasa pak tatit mulai bercerita tentang aktifitasnya dipabrik dengan bumbu-bumbu lucu khas dia. Dia cerita kalo mesin-mesin pembuat kain, yang dulunya diproduksi dari jerman, perancis dan itali sekarang semua udah produksi china. Tidak hanya pandai meniru, china juga menimprove peforma mesin pengolah kain itu. Yang biasanya operasionalnya membutuhkan orang banyak. Sekarang satu orang pun cukup. Dari pengolahan kapas, sampai jadi kain sudah mampu diolah oleh mesin  buatan china itu.
Bahkan katanya pabrik baru yang baru dibangun oleh perusahaan pak tatit bekerja, hampir semua bahan materiilnya berasal dari china. Jika pabrik baru itu jadi mengambil mesin yang hanya cukup dijalankan oleh satu orang saja. Maka dipastikan karyawan pabrik cuman membutuhkan tenaga 150 orang. Padahal normalnya pabrik itu memperkerjakan 500 orang. Selisih yang sangat besar, 3x lipat penghematannya.
Akan tetapi pabrik itu tidak jadi mengambil mesin otomatis itu, dan mengambil mesin manual yang perlu banyak tenaga, tapi tetap buatan china. Dan kalo kamu tahu, harga mesin itu cuman seharga 35 juta rupiah. Sedangkan mesin buatan jerman biasanya sekitar 230 juta rupiah. Luar biasa banget orang china, selain meniru bahkan mengimprovisasi produk dia juga bahkan membuatnya lebih murah dari harga normal.
Dan akhirnya pihak pabrik terpaksa mempekerjakan 500 karyawan baru karena terikat peraturan pemerintah. Satu hal yang menjadikan salut orang-orang keturunan china adalah mereka tidak pernah merasa cepat berpuas diri dengan keadaan yang mereka raih. Selalu ingin memperbaiki diri dan terus belajar hal-hal baru. Selalu berinovasi dan mengembangkan yang sudah ada menjadi lebih baik. Dan memberikan harga yang lebih murah dari pada yang lain.
Satu lagi, orang-orang china itu mempunyai jalinan interaksi yang kuat sesama Chinese mereka tidak segan-segan memblokir transaksi jika salah satu orang china ketipu oleh bangsa lain. Mereka begitu kuat dalam persatuan, mereka tidak rela jika saudaranya merasakan hal yang sama yang dialaminya. Inilah yang menjadikan orang-orang china terus berkembang, dan maju bersama-sama. Sudah kah kita mengambil pelajaran dan sisi positifnya?

Kamu bisa berinteraksi dengan saya di @asyharight
1 Komentar untuk "Menguak Rahasia Kesuksesan Orang-orang China"

Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif :
www.arenakartu.cc
100% Memuaskan ^-^

Back To Top